Cara Sederhana Untuk Mendeteksi Gangguan Bipolar



Cara Sederhana Untuk Mendeteksi Gangguan Bipolar [ www.BlogApaAja.com ]

Untuk mengetahui kemungkinan gangguan bipolar,membutuhkan diagnosis yang detil dan cukup lama oleh dokter jiwa. Tapi ada carasederhana untuk mendeteksi gangguan jiwa ini.



Perubahan suasana hati yang ekstrim bisa jadipertanda gangguan kejiwaan yang disebut gangguan bipolar. Gangguan ini berisikomenyebabkan bunuh diri dan mengganggu kehidupan penderitanya.

Sayangnya, gangguan ini sering salahdidiagnosis denan gangguan kejiwaan lain seperti skizofrenia dan borderline.Penyebabnya adalah penyakit ini memiliki gejala yang serupa, yaitu seringberhalusinasi, mengalami kecemasan dan depresi.

Selain itu, gangguan bipolar juga memilikiberbagai macam variasi, tergantung pola perubahan mood yang dialami.

"Tampilan gejala yang bervariasi dantumpang tindih dengan gejala gangguan jiwa lain seringkali menyebabkanmisdiagnosis terhadap gangguan bipolar. Di samping itu, seringkali terjadigangguan penyerta pada penyakit ini. Dokter harus jeli memahami dan melakukandeteksi dini," kata dr Handoko Daeng, SpKJ (K), Ketua Seksi BipolarPerhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) dalam acaraSeminar Media "Gangguan Bipolar: Dapatkah Dikendalikan?" yangdiselenggarakan oleh Abott di Hotel JW Marriot Jakarta.

Untuk mengetahui kemungkinan gangguan bipolar,membutuhkan diagnosis yang detil dan cukup lama. Biasanya, dokter menggunakankuesioner yang disebut Mood Disorder Questionaire untuk megetahui adanyakemunkinan gangguan bipolar.

Dr Ayu Agung Kusumawardani, SpKJ (K), kepaladepartemen psikiatri RSCM, memiliki cara sederhana untuk mendeteksi kemungkinangangguan bipolar.

Seseorang mungkin memiliki gangguan bipolarapabila memenuhi kriteria mengalami hal berikut 3 kali atau lebih:

1. Mengalami depresi berat

2. Gagal dalam perkawinan

3. Gagal merespon pengobatan anti depresan

4. Menjalani profesi yang berbeda-beda

5. Saudara kandung memiliki gangguan mood

6. Menyalahgunakan zat

7. Sulit mengontrol dorongan

8. Menjalin banyak hubungan percintaan

9. Memiliki beberapa jenis pekerjaan

10. Didiagnosis megalami gangguan histrionik,psikotik dan borderline

11. Suka warna merah


Follow On Twitter